Minggu, 21 November 2010

MATERI UJI KOMPETENSI IPA KELAS XI SMK

SOAL EVALUASI KOMPETENSI SEMESTER GASAL
EVALUASI KOMPETENSI SEMESTER GASAL
TAHUN PELAJARAN 2009-2010…………….

MATA PELAJARAN/ KOMPETENSI : ILMU PENGETAHUAN ALAM (IPA)
KELAS/ PROG. KEAHLIAN : XI/ SEMUA JURUSAN
HARI/ TANGGAL : ………………………………
WAKTU : …………………………… (90 MENIT)

A. Pilihlah satu jawaban yang paling benar dengan memberi silang pada salah satu huruf di lembar jawab!

1. Langkah awal yang dilakukan seorang ilmuwan bila akan mengadakan penelitian adalah ….
A. mengambil kesimpulan D. merumuskan masalah
B. membuat hipotesa E. mencari literatur
C. membuat desain penelitian

2. Kegiatan dengan menggunakan panca indera untuk mendapatkan informasi tentang sesuatu disebut.........
A. observasi D. mengumpulkan informasi
B. bertanya E. mencari literatur
C. meramal

3. Urutan tahapan metode ilmiah berikut ini yang benar adalah ..........
1 . menguji kesimpulan 2. menyusun hipotesis 3. mengumpulkan keterangan
4. merumuskan masalah 5. menarik kesimpulan 6. menguji hipotesis.
A. 3-4-2-6-5-1 D. 4-3-2-6-5-1
B. 3-2-6-4-5-1 E. 4-2-3-6-5-1
C. 3-2-5-6-4-1

4. Untuk mengetahui kasar-halusnya permukaan benda, rasa suatu minuman, dan aroma buah maka kegiatan yang dilakukan adalah .........
A. mengecap – meraba - membau D. meraba – membau - mengecap
B. membau – meraba - mengecap E. meraba – mengecap - membau
C. merasa – meraba - membau

5. Seorang siswa akan mencoba menerapkan metode ilmiah. Setelah ia menyelesaikan proses pengumpulan data, maka siswa tersebut seharusnya segera melakukan
A. melakukan uji ulang D. mengumpulkan informasi
B. melakukan olah data E. mencari literatur
C. melakukan presentasi

6. Seseorang siswa mampu mengedit obyek gambar dengan mengunakan program komputer. Ia membuat gambar seorang wanita di mana badannya diambilkan dari foto model pakaian renang sedangkan wajahnya ia ganti dengan wajah kekasihnya. Hasilnya adalah foto kekasihnya yang sedang menggenakan pakaian renang. Sikap siswa tadi tidak ilmiah karena........
A. tidak teliti D. tidak fantastis
B. tidak tekun E. Tidak konsisten
C. tidak jujur

7. Praduga seorang ilmuwan terhadap suatu kasus yang didasarkan pada telaah pustaka atau pengumpulan informasi disebut….
A. hipotenusa D. hipotesa
B. sintesa E. analisa
C. antitesa

8. Salah satu sikap seorang peneliti adalah terbuka, artinya,,,,,,
A. selalu menolak pendapat orang lain D. Selalu merasa pendapat sendiri paling benar
B. mau menerima pendapat orang lain E. Senang membaca literatur
C. selalu menerima hal-hal yang menjadi masalahl

9. Kemampuan seseorang untuk menangkap informasi dari buah pikiran orang lain disebut .....
A. menafsirkan D. mengumpulkan informasi
B. selalu terbuka E. meramalkan
C. menyimpulkan informasi

10. Pengertian masalah adalah …
A. Peristiwa yang terjadi pada suatu waktu di suatu tempat
B. Problem yang dihadapi yang memerlukan penyelesaian
C. Kaitan hal-hal yang merupakan sebab akibat
D. Penyebab terjadinya suatu peristiwa.
E. kumpulan berbagai peristiwa yang sejenis.

11. Pernyataan berikut yang merupakan rumusan masalah yang bisa diteliti adalah ..
A. Terjadi banjir besar yang menggenagi 60% kota A
B. Apakah pembangunan pemukiman baru dapat menyebabkan banjir di Kota A?
C. Setelah 5 hari di genangi banjir, banyak warga menderita diare dan gatal-gatal.
D. Banyak warga yang tidak mau pindah dari bantaran kali meskipun telah sering terjadi banjir.
E. Daerah aliran sungai lancar menimbulkan banjir.

12. Manfaat yang dapat diambil dari kegiatan observasi adalah ......
A. Mendapatkan gambaran yang lebih jelas tentang subyek/obyek penelitian.
B. Mendapatkan kesenangan saat mengamati subyek/ obyek penelitian
C. Dapat melepaskan penat
D. Tidak selalu di dapan meja kerja/ laboratorium.
E. belajar sambil bertamasya

13. Budi pergi ke kebun dan banyak bertanya tentang perbedaan salak jantan dan betina. Budi mengambar bentuk bungga masing-masing serta mencoba menghitung jumlah bunga setiap batangnya. Kegiatan observasi budi merupakan bentuk observasi:
A. kualitatif D. preventif.
B. kuantitatif E. kuratif.
C. kualitatif dan kuantitatif

14. Aku tinggal di sebuah kota kecil yang terletak di suatu dataran tinggi. Namun dua tahun belakangan ini pada musim penghujan sering terjadi banjir. Rumusan masalah yang mungkin untuk kasus yang dialami kotaku adalah …
A. Mungkinkah di daerah dataran tinggi terjadi banjir?
B. Apakah tidak mungkin di daerah dataran tinggi terjadi banjir?
C. Apakah pembuangan sampah sembarangan merupakan penyebab terjadinya banjir di kotaku?
D. Sering terjadi banjir di kotaku pada musim-musim penghujan dalam dua tahun terakhir.
E. Hujan menimbulkan banjir

15. Data kuantitatif dapat diperoleh pada pengamatan berikut ini kecuali.......
A. frekuensi denyut jantung D. kecepatan pertumbuhan tanaman
B. kecepatan lari seseorang E. tren mode pakaian
C. frekuensi pernapasan

16 Data kualitatif dapat diperoleh pada pengamatan berikut ini kecuali.......
A. tingkat rasa manis buah mangga D. arah gerak robot
B. tingkat kekeruhan air limbah E. tren mode pakaian
C. tinggi badan siswa satu kelas

17. Hipotesa-hipotesa berikut yang merupakan hipotesa yang menyatakan hubungan adalah..
A. Banjir yang melanda banyak daerah di Indonesia umumnya disebabkan sempitnya daerah tangkapan air.
B. Kemiskinan menjadi sebab penggundulan hutan
C. Ada hubungan antara meningkatnya populasi nyamuk dengan kebersihan kota.
D. Ada perbedaan cara pengelolaan lingkungan di negara-negara maju dan negara –negara berkembang
E. Ada hubungan antara minum teh manis dengan penyakit kencing manis.

18. Dari rumusan masalah : Adakah pengaruh ketinggian tempat terhadap ukuran buah mangga? Hipotesa nolnya adalah ….
A. Tidak ada pengaruh ketinggian tempat terhadap ukuran buah mangga.
B. Ada pengaruh ketinggian tempat terhadap ukuran buah mangga.
C. Tidak ada ukuran buah mangga pengaruh terhadap ketinggian tempat.
D. Ada pengaruh ukuran buah mangga terhadap ketinggian tempat
E. Semakin tinggi pohon mangga semakin kecil buahnya.

19. Hipotesis yang disusun untuk membandingkan nilai antara satu variabel dengan variabel lainnya disebut hipotesis.......
A. hipotesis komparatif D. hipotesis alternatif
B. hipotresis deskriptif E. hipotesis nihil
C. hipotesis asosiatif

20. Andi memiliki 4 batang pohon mangga di halaman rumahnya, Budi 3 batang dan Catur 3 batang juga. Angka angka yang menunjukkkan jumlah pohon mangga tersebut merupakan skala :
A. Ordinal D. Range
B. Interval c.rasio E. faktual

21. Urutan prosedur pengujian hipotesis di bawah ini yang benar adalah ........
1 . menentukan formulasi hipotesis
2. menentukan kriteria pengujiannya
3. menentukan taraf nyata dan nilai tabel
4. melakukan uji statistik
5. menarik kesimpulan
A. 1-2-3-4-5 D. 1-3-2-4-5
B. 1-3-2-5-4 E. 1-4-3-2-5
C. 1-4-2-3-5

22. Suatu penelitian berjudul “ Pengaruh jenis pakan terhadap kecepatan pertumbuhan berat lele dumbo”. Variabel bebas pada peneltian tersebut adalah…
A. lele dumbo D. Kecepatan pertambahan berat badan
B. Jenis pakan E. Pertumbuhan lele dumbo
C. Kecepatan pertumbuhan

23. Dari rumusan masalah : “ Adakah hubungan antara jenis pupuk yang digunakan dengan aroma dan cita rasa strowbery?” Yang bukan merupakan variabel dari rumusan masalah tersebut adalah:
A. Jenis pupuk D. Cita rasa strowbery
B. Aroma strowbery E. Jumlah pupuk
C. Merk pupuk

24. Ringkasan hasil penelitian yang disajikan dalam bentuk tulisan disebut..........
A. proposal penelitian D. data penelitian
B. kesimpulan penelitian E. abstraksi
C. laporan penelitian

25. Keilmiahan suatu karya tulis ditentukan oleh hal-hal berikut kecuali:
A. Pendekatannya sistematis dan kumulatif
B. Definisi-definisi yang digunakan tepat
C. Cara pengumpulan informasinya obyektif
D. Banyaknya jumlah halaman
E. banyak menggunakan istilah asing

26. Hal berikut merupakan sesuatu yang perlu diperhatikan bila akan menulis laporan penelitian
A. Subyek/obyeknya sulit
B. Tersedianya dana yang besar
C. Ada sponsorship yang bersedia menanggung biaya
D. Pembaca dapat memahami dengan jelas / telah dilakukan peneliti, tujuan dan hasilnya.
E. bisa dinikmati oleh siapa saja

27. Kapan kita dapat mulai menulis laporan ?
A. ketika semua data telah terkumpul
B. Bila penelitian telah selesai
C. Sejak awal penelitian
D. Menjelang penelitian telah usai
E. kapan saja bila muncul keinginan

28. Fungsi tabel atau grafik bila dalam suatu laporan ilmiah adalah....
A. Ada dan tidaknya sama saja
B. Memperjelas penyampaian hasil penelitian
C. Termasuk syarat penulisan laporan
D. Lebih ilmiah
E. memperindah tampilan

29. Seorang siswa meneliti perubahan populasi katak di suatu persawahan. Untuk mempermudah dalam memahami hasil penelitian tersebut, siswa tadi sebaiknya menyajikan datanya dalam bentuk.....
A. diagram lingkaran
B. diagram batang
C. diagram pie
D. persentase
E. tabel

30. Seorang peneliti berhasil menguak jumlah konsumen dalam menggunakan produk berbagai jenis handphone. Untuk memudahkan pemahaman publik terhadap hasil penelitian tersebut sebaiknya dipresentasikan dalam bentuk.......
A. diagram lingkaran
B. diagram batang
C. grafik
D. diagram garis
E. table

31. Bumi bergerak menlingkar mengelilingi matahari disebut .......
A. rotasi D. Resolusi
B. revolusi E. resonansi
C. gerakan semu

32. Suatu saat di kota Greenwich menunjukkan pukul 10.00, di kota yang terletak pada 60o bujur barat adalah pukul........
A. 04.00 D. 24.00
B. 06.00 E. 21.00
C. 08.00

33. Berikut ini merupakan akibat dari revolusi bumi yaitu ........
A. adanya gerak semu harian D. adanya perbedaan waktu
B. pengembungan di kutub bumi E. perbedaan lama siang-malam
C. pergantian siang-malam

34. Perbedaan waktu antara wilayah yang terletak di 30o LU dengan yang di 30oLS adalah .......
A. 0 jam D. 3 jam
B. 1 jam E. 4 jam
C. 2 jam

35. Jarak terdekat suatu pusat gempa yang terletak di titik 90oBT; 30oLS dari daerah yang terletak di titik 50oBT adalah
A. 1.000,00 km D. 5.555,5 km
B. 1.111,1 km E. 10.000,0 km
C . 2.222,2 km

36. Bumi menempuh lintasan peredaran semunya memerlukan waktu .....
A. 24 jam 50 menit D. 23 jam
B. 24 jam E. 23 jam 50 menit
C. 23 jam 56 menit

37. Energi yang berasal dari dalam bumi disebut...
A. epirogenetik D. endogen
B. orogenetik E. eksogen
C. transgesi

38. Tsunami adalah gelombang besar yang disebabkan oleh .....
A. angin D. Gempa bumi
B. air pasang E. Aktivitas gunung berapi
C. salinitas

39. Berikut ini bukan merupakan bagian dari proses terjadinya tsunami adalah ….
A. Gempa tektonik bawah laut yang menyebabkan dasar laut naik atau turun
B. Pergeseran dasar laut yang menggerakan gelombang permukaan laut.
C. Gelombang akibat gempa memasuki air dangkal kecepatanya semakin meningkat dan ketinggianya bertambah
D. Gelombang akibat gempa memasuki air dangkal kecepatanya semakin menunurun dan ketinggianya bertambah
E. Gelombang tsunami lepas pantai tidak lebih lebih besar dari gelombang normal, tetapi lebih cepat

40. Di bawah ini yang bukan merupakan karakteristik gempa tsunami adalah ….
A. Kecepatan gelombang tergantung kedalaman pusat gempa
B. Menimbulkan air bah setelah masuk kedaratan sekitar pantai.
C. Sebelum terjadi tsunami muka air laut di pantai menurun drastis dari keadaan normal
D. waktu peringatan tsunami tergantung pada jarak pusat gempa
E. Dengan kecanggihan tehnologi terjadinya tsunami dapat diramalkan dengan tepat

II. Jawablah dengan singkat dan jelas !
a. 1. Apakah yang dimaksud dengan metode ilmiah dan apa hubungannya dengan ilmu pengetahuan?
b. 2. Apakah perbedaan antara fenomena dengan masalah ? Jelaskan !
c. 3. Jelaskan pengertian hipotesa dalam penelitian dan apa manfaatnya ?
d. 4. Apakah yang dimaksud dengan variabel bebas dan variabel tergantung?
5. Ceriterakan bagaimana terjadinya sumber air panas berdasarkan konsep ilmu pengetahuan alam!
6. Sebutkan jalur utama gempa yang melalui Indonesia !
7. Apa yang kamu lakukan ketika terjadi gempa besar yang terjadi di lautan?
8. Bagaimana kaitan gempa bumi dengan tsunami ? Jelaskan !
KUNCI JAWABAN BAGIAN A:
1. D 2. A 3. D 4. E 5. B 6. C 7. D 8. B 9. A 10. B
11. B 12. A 13. C 14. C 15. E 16. C 17. C 18. A 19. A 20. C
21. D 22. B 23. C 24. C 25. D 26. D 27. C 28. B 29. B 30. A

Bagian B:
1. Apakah yang dimaksud dengan metode ilmiah dan apa hubungannya dengan ilmu pengetahuan?
Jawaban : Metode ilmiah merupakan suatu cara sistematis yang digunakan oleh para ilmuwan untuk memecahkan masalah yang dihadapi. Ilmu dapat didefinisikan sebagai proses penyelidikan yang berdisiplin. Pengetahuan (knowledge) adalah sesuatu yang diketahui langsung dari pengalaman, berdasarkan serapan panca indera, dan diolah oleh akal budi secara spontan. Dapat juga dikatakan bahwa pengetahuan adalah segala sesuatu yang dilihat, didengar, dikecap, dicium, diraba dan hadir dalam kesadaran kita. Ilmu pengetahuan merupakan pengetahuan yang telah diolah dan disusun secara metodis, sistematis dan koheren. dengan demikian metode ilmiah merupakan rangkaian proses untuk merubah suatu pengetahuan menjadi ilmu, agar pengalaman bisa diungkap kembali secara jelas, rinci dan benar.
2. Apakah perbedaan antara fenomena dengan masalah ? Jelaskan !
Jawaban : Masalah adalah kesulitan yang dihadapi yang memerlukan penyelesaian atau pemecahan. Fenomena adalah sesuatu yang terjadi sebagaimana apa adanya. Ada bagian fenomena yang menjadi masalah atau mendatangkan masalah. Dengan demikian masalah adalah bagian dari fenomena,sedangkan tidak semua fenomena bisa menjadi masalah.
3. Jelaskan pengertian hipotesa dalam penelitian dan apa manfaatnya ?
Jawaban : hipotesa merupakan jawaban yang bersifat sementara atas masalah penelitian yang kebenarannya masih lemah, sehingga harus diuji. Fungsinya sebagai rumusan sementara atas jawaban permasalahan yang sedang dihadapi dan akan dicari ketegasan kebenarannya.
4. Apakah yang dimaksud dengan variabel bebas dan variabel tergantung?
Jawaban : Variabel bebas (independent) adalah variabel yang diduga sebagai penyebab timbulnya variabel lain atau menjadi penyebab bagi variabel lain. Variabel bebas biasanya dimanipulasi, diamati, dan diukur pengaruhnya terhadap variabel lain. Variabel yang dipengaruhi oleh variabel bebas disebut variabel tergantung (dependent). Contoh tergantung masalahnya, dan lebih mudah jika dikaitkan dengan penelitian kuantitatif. Misalnya dalam meneliti pengaruh pemberian pakan ayam terhadap pertumbuhan anak ayam. Jumlah pakan merupakan variabel bebas, dan perubahan berat tubuh anak ayak bisa sebagai variabel tergantungnya.
5. Apakah yang dimaksud dengan skala nominal dan skala ordinal ?
Jawaban : Jawaban : Skala nominal ialah angka yang tidak sesungguhnya, melainkan digunakan untuk mewakili nama. Misalnya binatang apa yang paling kamu sukai? Jawablah angka 1 = kucing, 2 = burung, dst. Angka-angka ini hanya mewakili saja, tidak dapat ditambah, dikurangi, dibagi, dan dilipatkan (dikalikan). Skala ordinal ialah angka yang menunjukkan derajat suatu kategori atau perbedaan kualitas/ kuantitas yang tidak dapat diketahui selisihnya. Misalnya, jika anda bertanya kepada sekelompok orang, apakah anda suka makan bakso? Maka kepada orang yang menjawab suka sekali, kamu beri skor 5, yang jawabannya hanya suka diberi skor 4, yang biasa saja diberi skor 3, yang kurang suka diberi skor 2, dan yang tidak suka diberi skor 1. Angka-angka ini dinamakan skala ordinal
6. Sebutkan hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan instrumen penelitian!
Jawaban : Hal-hal yang perlu dipertimbangkan dalam pemilihan instrumen adalah : tingkat kehandalan (reliabilitas) instrumen, sebagai instrumen penelitian sebaiknya yang memiliki reliabilitas tinggi. Validitas atau kesahihan; sensitivitas (kepekaan/ mampu mempertajam perbedaan dalam derajat variasi karakteristik yang diukur); obyektivitas (bebas dari pengaruh kepribadian pengguna); fisibilitas (kelayakan) dalam penggunaan seperti kebutuhan ketrampilan pengguna, waktu dan dana operasionalnya.
7. Jelaskan bagaimana langkah-langkah dalam pengambilan sampel?
Jawaban : Langkah-langkah dalam pengambilan sampel yaitu; a) menentukan populasi dan sampling frame, b) memilih cara pengambilan sampel, c) menentukan jumlah sampel, d) memilih elemen sampel, e) melaksanakan pengumpulan data di lapangan.
8. Sebutkan langkah-langkah pengolahan data hasil penelitian !
Jawaban : Langkah-langkah analisa data adalah sebagai berikut :
i. Memilah data. Tujuannya untuk memperlancar pelaksanaan selanjutnya. Kegiatan yang terjadi misalnya mengurutkan nomer kuesioner, pemilahan data sesuai lokasi pengumpulan data, dll.
ii. Kontrol kualitas data. Untuk memisahkan data yang kosong atau isian data tidak konsisten. Bila terjadi isian data yang demikian sebaiknya responden didatangi lagi untuk melengkapi isian data. Jika upaya ini tidak berhasil, maka data tidak diproses lebih lanjut, meskipun akan mengakibatkan masalah pada validitas data.
iii. Mengikhtisarkan data (data summarizing). Kagiatan ini bisa dikerjakan dengan manual atau secara komputer. Pada dasarnya langkah ini meliputi kerja untuk mengkategorikan data, membuat kode, dan mengikhtisarkan data pada master sheet.
9. Mengapa hasil penelitian perlu ditulis menjadi tulisan ilmiah ? Sebutkan lima dari sepuluh ciri tulisan ilmiah !
Jawaban : Hasil penelitian tersebut perlu dilaporkan/ dipublikasikan agar hasil penelitianmu dapat diketahui oleh orang lain. Laporan ini merupakan media komunikasi antara seorang peneliti dengan pihak lain. Dengan adanya laporan hasil peneltian penelitianmu dapat mendapat tanggapan dari orang lain, bahkan bisa membantu orang lain dalam menyelesaikan tugas ilmiah mereka. Penelitian, pemaparan, dan penyelesaiannya haruslah ditulis dalam sebuah tulisan ilmiah. Adapun ciri-ciri tulisan ilmiah adalah :
1. Logis, artinya informasi yang disajikan memiliki argumentasi yang dapat diterima dengan akal sehat.
2. Sistematis, artinya susunannya urut berjenjang dan berkesinambungan.
3. Obyektif atau apa adanya.
4. Tuntas dan menyeluruh, segala masalah dikemukakan secara lengkap, menyeluruh.
5. Seksama, menghindarkan diri dari berbagai kekeliruan, sampai sekecil-kecilnya.
6. Jelas, baik dari segi alur berpikir, istilah bahasa, dan grafis.
7. Kebenarannya teruji.
8. Terbuka, apa yang dikemukakan dapat berubah bila ada pendapat baru yang diakui kebenarannya relevan dengan tulisan itu.
9. Berlaku umum, kesimpulan-kesimpulannya berlaku untuk semua populasinya.
10. Penyajiannya menggunakan santun bahasa dan tata tulis yang baku
10. Apakah perbedaan isi proposal penelitian dengan laporan penelitian ?
Jawaban : Isi laporan penelitian pada hakekatnya merupakan kelanjutan dari isi proposal penelitian. Yang membedakan adalah pada isi laporan penelitian dilengkapi dengan Hasil Penelitian dan Pembahasan.


SOAL PENYARINGAN :

1. Sesuatu yang diketahui langsung dari pengalaman adalah ….
a. kebenaran
b. ilmu
c. pengetahuan
d. prailmiah
e. statemen
2. Hasil serapan indera terhadap pengamatan hidup sehari-hari yang tidak perlu dan tidak mungkin diuji kebenarannya adalah ….
a. pengetahuan ilmiah
b. pengetahuan non ilmiah
c. pengetahuan prailmiah
d. pengatahuan mutlak
e. ilmu pengetahuan
3. Agar pengetahuan dapat menjadi ilmu maka pengetahuan harus dipilah dan disusun secara ….
a. rasional, mutlak, dan sinergis
b. koheren, relative, dan sinergis
c. metodis, sistematis, dan konsisten
d. analog, dan komparatif
e. sistematis dan logis.
4. Langkah berikutnya setelah merumuskan masalah adalah ….
a. mencari masalah
b. pembatasan masalah
c. menguji hipotesa
d. mengumpulkan keterangan
e. mengolah data.
5. Suatu penelitian harus disusun dan dilaksanakan secara berurutan sesuai dengan pola dan kaidah yang benar, dari yang mudah dan sederhana sampai yang kompleks. Sifat ini menunjukkan bahwa penelitian itu harus ….
a. logis
b. koheren
c. empiric
d. replikatif
e. sistematis
6. Suatu usaha untuk menemukan, mengembangkan, dan mengkaji kebenaran suatu pengetahuan disebut ….
a. observasi
b. survey
c. research
d. interview
e. perspektif
7. Sifat peneliti yang menunjukkan sikap yang tidak dipengaruhi oleh perasaan adalah ….
a. konsistensi
b. jujur
c. teliti
d. objektif
e. terbuka
8. Jenis penelitian yang menggambarkan objek penelitian secara rinci dan mendalam, adalah penelitian ….
a. kualitatif
b. kuantitatif
c. survey
d. evaluatif
e. pengembangan (research and development)
9. Kesulitan yang dihadapi yang memerlukan penyelesaian atau pemecahan disebut ….
a. soal
b. latihan
c. masalah
d. pertanyaan
e. hipotesa
10. Alat ukur yang baik untuk mengukur gejala yang diamati memerlukan ….
a. validitas dan reabilitas yang tinggi
b. logika
c. subyek penelitian
d. korelasi yang baik
e. ketajaman analisis
11. Dugaan dalam penelitian disebut …
a. hipotenusa
b. hipotesa
c. apotema
d. tesis
e. pratesis
12. Faktor yang apabila diukur memberikan nilai yang bervariasi disebut ….
a. standarisasi
b. alat ukur
c. variabel
d. kemutlakan
e. item
13. Variabel yang diudga penyebab timbulnya variable lain adalah ….
a. variable bebas
b. variable tidak bebas
c. variable control
d. variable antara.
e. variable bayangan.
14. Pengamatan bertujuan untuk mendapatkan informasi atau pengethuan dari suatu obejk atau peristiwa adalah ….
a. interview
b. observasi
c. perumusan masalah
d. inspeksi
e. pengawasan.
15. Kelompok yang menjadi sasaran dalam penelitian adalah ….
a. variable
b. instrument
c. populasi
d. sampel
e. data.
16. Berikut ini merupakan karakter suatu hipotesa adalah ….
a. dapat dipantau
b. dapat diukur
c. ada faktanya
d. metafisis
e. tidak dapat dibuktikan.
17. Hipotesa yang ditolah kebenarannya adalah ….
a. hipotenusa
b. antithesis
c. hipotesa nol
d. hipotesa alternative
e. ketidakbenaran.
18. Perumusan hipotesa dalam penelitian dituliskan setelah ….
a. menemukan masalah
b. merumuskan masalah
c. pembatasan masalah
d. tujuan dan manfaat penelitian
e. Kajian teori.
19. Membandingkan suatu besaran yang diukur dengan besaran sejenis yang ditetapkan sebagai satuan disebut ….
a. mengukur
b. menghitung
c. meramal
d. mentaksir
e. mengaproksimasi
20. Metode dalam pengumpulan data secara observatif adalah ….
a. mencatat kejadian masalah
b. mendokumentasikan informasi tanpa pengamatan langsung dilapangan.
c. memberikan kuesioner
d. melakukan percobaan
e. melakukan evaluasi kegiatan.
21. Bila dalam pengumpulan data menetapkan 1=pria, 2=wanita, merupakan pengukuran dengan skala….
a. rasio
b. interval
c. ordinal
d. nominal
e. strata
22. Masalah penelitian yang tidak memiliki kelayakan untuk diteliti adalah ….
a. masalah memliki signifiknasi yang tinggi.
b. unik dan asli muncul dalam pikiran peneliti
c. tidak mementingkan validasi yang tinggi
d. waktu yang singkat dan dana yang memadai
e. ketercukupnya data penelitian.
23. Design penelitian perlu untuk dibuat dalam merancang penelitian, karena ….
a. dapat mempercepat proses penelitian
b. memudahkan pencarian data
c. memudahkan metode peneltian yang akan dipakai.
d. penelitian dapat berjalan sesuai dengan kerangka berpikir.
e. cepat selesai.
24. Pengambilan sampel secara acak disebut sebagai ….
a. simple random sampling
b. systematic sampling
c. stratified sampling
d. cluster sampling
e. multistage sampling
25. Data yang dikumpulkan dari referensi pustaka disebut sebagai ….
a. data primer
b. data sekunder
c. data tambahan
d. data atribut
e. data pustaka
26. Di dalam pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi. Salah satunya dengan cara mencatat gejala suatu peristiwa yang bersifat tidak formal adalah ….
a. anekdot
b. daftar cek
c. skala penilaian
d. pengamatan langsung
e. survey
27. Salah satu cara tehnik wawancara yang bersifat diagnostic adalah ….
a. mencari data untuk suatu populasi tertentu
b. mencatat dalam skala penilaian
c. wawancara yang tidak terstuktur
d. mendiagnosa tentang masalah yang dihadapi.
e. mencari penyelesaian yang membuktikan hipotesa.
28. Suatu daftar yang berisi pertanyaan yang harus dijawab secara tertulis oleh responden adalah ….
a. angket
b. list
c. soal
d. atribut
e. daftar ceklist
29. Survei kandungan bahan pengawet makanan tahu, mie, bakso, saos, dan lain-lain merupakan contoh ….
a. penelitian tindakan
b. penelitian survey
c. penelitian diskriptif
d. penelitian kualitatif
e. penelitian kuantitatif
30. Untuk membuktikan adanya perbedaan, maka diadakan uji pembeda secara statistic. Pembuktian secara statistic ini digunakan untuk analisa data ….
a. kualitatif
b. kuantitatif
c. research dan development
d. diskriptif
e. audio –visual.
31. Penulisan laporan ilmiah sebaiiknya dimulai ….
a. ketika semua data terkumpul
b. bila penelitian telah selesai
c. sejak awal penelitian
d. mejelang penelitian telah usai
e. kapan saja bilamuncul keinginan.
32. Pada Bab I dituliskan ….
a. kata pengantar
b. daftar isi
c. metode penelitian
d. pendahuluan
e. tinjauan pustaka
33. Setelah menuliskan latar belakang masalah, maka peneliti menuliskan ….
a. perumusan masalah
b. tujuan penelitian
c. manfaat penelitian
d. ruang lingkup penelitian
e. kerangka teori
34. Hipotesa dituliskan dalam Bab ….
a. i
b. ii
c. iii
d. iv
e. pengantar
35. Pengetahuan yang dihasilkan oleh suatu penelitian dituliskan dalam ….
a. latar belakang masalah
b. perumusan masalah
c. tujuan penelitian
d. manfaat penelitian
e. desain penelitian
36. Untuk mengkomunikasikan letak suatutempat di permukaan bumi disebut ….
a. international dateline
b. meredian time
c. garis lintang
d. garis bujur
e. ordinat
37. Perputaran bumi pada porosnya adalah ….
a. evolusi bumi
b. revolusi bumi
c. pergerakan semu harian bumi
d. pergerakan semu harian matahari
e. rotasi bumi
38. Waktu Indonesia bagian barat (WIB) berpangkal pada meridian ….
a. 100o BT
b. 105o BT
c. 120o BT
d. 135o BT
e. 145o BT
39. Keliling bumi di katulistiwa adalah sebesar 40.000km, jika satu kali rotasi bumi membutuhkan waktu 24 jam, maka kecepatan rotasi di garis katulistiwa adalah ….
a. 166,67 km/ jam
b. 1666,67 km /jam
c. 16.666,67 km/ jam
d. 1666,67 m/s
e. 16.666,67 m/s
40. Apabila GMT menunjukkan jam 12.00, maka waktu yang ditunjukkan d daerah yang terletak di 60oBB adalah ….
a. 12.00
b. 16.00
c. 08.00
d. 09.00
e. 17.00
41. Lapisan yang bergerak lambat tetapi ajeg di atas lapisan astenosfer adalah ….
a. kerak bumi
b. mantel bumi
c. inti bumi
d. lempeng
e. litosfer
42. Tenaga bumi yang muncul dari dalam yang disebabkan oleh tenaga lempeng adalah ….
a. vulkanik
b. tektonik
c. vulkano-tektonik
d. tenaga endogen
e. tenaga eksogen
43. Gerakan dua lempeng yang saling menjauh disebut gerak ….
a. disvergen
b. konvergen
c. subduction
d. sesar
e. fault
44. Berikut ini bukan materi yang keluar dari proses vulkanisme adalah ….
a. lava
b. eflata
c. benda gas
d. uap air
e. batholit
45. Bagian dari intrusi magma yang menerobos lapisan porous yang tegak lurus dengan arah kawah adalah ….
a. batholit
b. lakolit
c. dike
d. sill
e. crater
46. Perbedaan tekanan udara , dimana tekanan udara yang rendah dikelilingi oleh tekanan udara yang tinggi dapat menyebabkan ….
a. angin muson
b. angin musim
c. angin siklon
d. badai
e. cuaca ekstrim
47. Berikut ini yang tidak dapat menyebabkan gempa bumi adalah ….
a. tenaga tektonik
b. tenaga vulkanik
c. tenaga buatan
d. kekuatan ekstrateritorial
e. tsunami
48. Gempa yang terjadi di Bantul Yogyakarta pada tahun 2006 disebabkan oleh ….
a. gerakan lempeng
b. aktifitas gunung merapi
c. leleran lava pijar merapi
d. tsunami di aceh
e. gempa runtuhan dalam perut bumi
49. Alat pencatat gempa adalah ….
a. velocity meter
b. pencacah geiger
c. seismograf
d. hiposeista
e. episentrum
50. Berdasarkan skala Richter, kekuatan gempa 5,6 SR termasuk dalam criteria ….
a. sangat tinggi
b. kecil
c. sedang
d. tinggi
e. sangat tinggi
51. Peta gempa yang dilukiskan dalam garis-garis yang memiliki kekuatan gempa yang sama adalah ….
a. episentrum
b. hiposentrum
c. seismograf
d. isosiesta
e. homoseista
52. Berikut ini bukan akibat dari gempa bumi, yakni ….
a. sesar
b. gempa susulan
c. perubahan bentang alam
d. tanda-tanda alam
e. tsunami
53. Tidak semua gempa bumi dapat membangkitkan tsunami. Berikut ini bukan syarat dapat terjadinya tsunami adalah ….
a. pusat gempa berada di bawah laut
b. pusat gempat berkisar 0 – 30 km
c. skala rischter lebih dari 6 sr
d. waktu pengawasan kurang dari 2 jam.
e. episenter di garis pantai
54. Berikut ini bukan tanda-tanda terjadinya tsunami adalah ….
a. gempa bumi di tengah laut dengan kekuatan besar
b. permukaan air tiba-tiba surut
c. munculnya ombak yang kuat yang tidak seperti biasanya.
d. terdengar suara gemuruh.
e. banyak terdapat sedimen garam.
55. Alat yang digunakan untuk deteksi adanya tsunami adalah ….
a. velicitograh
b. pencacah geiger
c. accelerograph
d. seismograp
e. barometer

Tidak ada komentar:

Posting Komentar